review : Final Fantasy Brave Exvius

ffbe.png

sama seperti seri FF sebelumnya, genre dari game ini adalah RPG yang mengedepankan cerita dan pengembangan karakter.

karena ini review, maka saya akan membagi beberapa poin penting, sehingga pembaca dapat menilai game ini dari sudut pandang saya. berikut beberapa poin yang saya highlight.

  1. karakter/unit
    terdapat beberapa karakter utama pada game ini yang didapatkan saat kita mengikuti alur cerita. tapi bisa dibilang unit/karakter utama ini belum bisa dibilang kuat. kemampuan dan jurus mereka biasa saja. (mulai saat ini saya akan menyebut karakter dengan sebutab unit).selain karakter utama, pemain dapat mendapatkan karakter lain dengan menggunakan lapis (currency pada games ini), atau menggunakan summon ticket.

    yang membuat game ini menarik, kita dapat men-summon unit dari serial Final fantasy lain, seperti Cloud dari FF VII, kemudian Tidus dari FF X, dan lain-lain. FFBE sendiri pun memiliki original unit yang memang juga berperan pada cerita FFBE. selain unit dari seri FF, terdapat juga collaboration unit yang bisa didapatkan lewat event dengan waktu terbatas.
    ezhrkqq
    unit pada FFBE dinilai ratingnya dari bintang 1* – 7*. tidak semua unit dapat mencapai 7*, hanya unit tertentu yang bisa mencapainya.

    rating 8.5/10

     

  2. ceritadari dulu saya keseringan skip cerita games dan fokus sama gamplay. jadi saya gabisa omong banyak berapa ratingnya.

    rating ???/10

     

  3. gameplayturn based alias bergiliran bergantian musuh vs player (kadang boss malah bisa serang duluan). serunya di game ini adalah pemain harus siapin strategi untuk menghadapi musuh yang beda-beda.

    Strategi yang harus disiapin buat ngelawan musuh itu biasanya : apakah musuh bisa di serang pakai magic/fisik, apakah musuh punya kemampuan khusus seperti kekebalan terhadap elemen tertentu, apakah musuh punya jurus yang muncul akibat terpicu oleh jurus kita, kemudian bagaimana cara mengakali status ailment yang menyerang tim kita. selain itu banyak juga faktor lain yang harus dipikirkan untuk mengalahkan suatu musuh.

    pemain juga harus memikirkan komposisi tim, karena maksimal tim yang bisa dibawa bertarung hanya 5 unit + 1 bantuan unit milik teman. perlu dipertimbangkan apakah pada pertempuran nanti unit yang dibawa membutuhkan support/dukungan dari unit yang bisa menyembuhkan HP dll.

    rating 9/10

  4. grafikuntuk pemain dengan fokus gameplay, grafik yang ditawarkan menurut saya sudah cukup. karakter yang dibuat menggunakan animasi 8 bit alias kotak-kotak, tapi menurut saya itu bukan main issue disini.

    rating 7/10

jadi menurut saya pribadi, games ini layak untuk dimainkan, terutama bagi pemain yang cari gratis dengan kualitas gameplay yang bagus. pemain game kawakan di era psx juga pasti dapat menikmati era kejayaan ff di konsol mereka kembali ke gadget mereka.

This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s